Tuesday, April 16, 2013

Bahaya Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan

http://dokumenrifky.blogspot.com/2013/04/bahaya-tidak-mencuci-tangan-sebelum.html
Hy sobat apa kabar dengan kesehatan anda?

neee saya pengen berbagi informasi tentang bahaya tidak mencuci tangan sebelum makan. apakah sobat mencuci tangan terlebih dahulu? memangnya kalo gak knpa ya? bahayakah?


ginini sobat. mencuci tangan itu merupakan cara untuk mencegah terjadinya infeksi virus dan bakteri. Tangan kita ini alat organ yang sering menyentuh barang lain. sapa tau aja barang yang kita sentuh itu banyak bakterinya, ketika kita memegang barang tersebut kemungkinan besar bakteri pun pindah ke tangan kita. Bakteri itu masuk ke pencernaan kita melalui makanan yang kita makan, yang sebelumnya tangan kita tidak dicuci dulu.

jika keadaannya seperti itu, maka tubuh kita akan lebih mudah terinfeksi oleh kuman yang bahaya dan kemungkinan terserang penyakit berbahaya.

apa aja ya dampaknya? ini ni merupakan dampak bila kita tidak mencuci tangan:
  • infeksi salmonella
merupakan bakteri yang ada pada telur dan hewan unggas. jika bakteri ini higgap ditangan kita dan digunakan untuk memegang atau menyentuh makanan maka dapat dipastikan makanan tersebut sudah terkontaminasi oleh salmonella. Apabila bakteri tersebut masuk ke dalam perut kita atau pencernaan kita maka dapat menimbulkan diare, mual bahkan muntah-muntah.
  • Flu dan Pilek
loh kok Flu dan Pilek? bukannya Flu dan Pilek ini menyebar lewat udara ya? memang benar menyebar melalui udara, akan tetapi jika seseorang bersin dan tidak mencuci tangannya maka dapat dipastikan kuman tersebut mengkontaminasi tangan dan apa aja yang disentuhnya.
  • Infeksi E.Coli
Bakteri apa ini? ini merupakan salah satu bakter penyebab diare parah pada anak-anak dan orang tua. bakteri ini biasa terdapat pada kotoran manusia yang terinfeksi. Jika sobat telah buang hajat atau BAB lalu tangan sobat tidak dicuci, besar kemungkinan bakteri itu menempel di tangan dan mengkontaminasi semua benda yang kita sentuh. bakteri ini bukan saja dapat memicu diare akut, bahkan dapat juga menyebabkan gagal ginjal.
  • Bakteremia Fatal
keadaan dimana bakteri pindah dari tangan yang satu ke tangan yang lain, ketika sobat berjabatan tangan ke orang lain yang tidak terjaga kebersihan pada tangan sobat atau pada tangan orang yang kita ajak berjabatan tangan.kadang ditemukan perpindahan bakteri yang memicu munculnya penyakit dalam berbahaya yang kadang dapat menyebabkan kematian pada pasien.

tu kan sobat bahaya banget bila kita tidak membiasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan. walau ini hal yang sangat sepele tapi besar sekali dampaknya. oke sobat kita biasakan cuci tangan kita sebelum makan. mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Oh iya sobat, mencuci tangan yang benar itu seperti apa ya? hanya dibanjur air saja atau pake sabun? oke baca aja disini ni ( mencuci tangan )

No comments:

Post a Comment

Bagaimana Pendapat anda ?

Translate